16 Desember 2021

COVID-19 VARIAN OMICRON MULAI MENYERANG INDONESIA, WASPADALAH !

 GELAGAT.ID - Kasus pertama Covid-19 varian Omicron telah ditemukan di Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan hal itu.

ilustrasi Covid-19 Omicron

Disampaikannya, kasus pertama omicron dialami seorang petugas kebersihan Wisma Atlet Kemayoran. Pria tersebut berinisial N.

“Kementerian Kesehatan telah mendeteksi seorang pasien terkonfirmasi Omicron pada tanggal 15 Desember, data-datanya sudah kita konfirmasikan ke GISAID dan telah dikonfirmasi kembali dari GISAID bahwa memang data ini data sequencing Omicron,” kata Menkes dalam keterangan persnya yang dirilis kepada wartawan.

Dijelaskan, ada tiga petugas kebersihan di RSDC Wisma Atlet yang positif PCR-nya.

"Tapi yang terkonfirmasi positif Omicron adalah satu orang,” terang Menkes.

Selain itu Kementerian Kesehatan juga mengidentifikasi adanya 5 kasus probable Omicron. Kelimanya telah dikarantina dan sudah dilakukan pemeriksaan khusus yang sudah dikirimkan Balitbangkes. Hasilnya akan diketahui 3 hari mendatang untuk melihat apakah sampel tersebut positif omicron atau bukan.

“Kita mendeteksi lima kasus probable omicron. Dua kasus warga Indonesia yang baru balik dari Inggris dan AS, tiga lainnya WNA Tiongkok yang ke Manado. Sekarang dikarantina di Manado,” tutur Menkes.

Terkait dengan temuan ini, Menkes Budi mengimbau masyarakat untuk tidak perlu panik dan tetap tenang. Dia menegaskan agar segera melakukan vaksinasi COVID-19 terutama untuk kelompok rentan dan lansia serta tidak perlu bepergian ke luar negeri jika tidak mendesak, serta terus tegakkan protokol kesehatan 5M, dan memperkuat 3T. (*/gelagat.id)

Share:

0 comments:

Posting Komentar